Labkesda Senilai Rp 3,6 Miliar,Diresmikan Oleh Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki meresmikan Labiratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Rabu (31/1).

Pekalongannews.com, Batang – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Batang akhirnya rampung. Labkesda senilai Rp 3,6 miliar itu diresmikan oleh Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki sempat diwarnai rasa khawatir.

Bacaan Lainnya

“Hingga akhir tahun progresnya baru 75 persen, kemudian pekerja sempat tidak kerja lantaran belum terima upah,” ungkap Lani usai peresmian, Rabu (31/1/2024).

Ia mengaku selama proses pembangunan Labkesda diwaranai perasaan khawatir tidak selesai tepat waktu karena di Desember 2023 pekerjaan masih tersisa 25 persen. Lani mengungkap pernah marah-marah kepada konsultan pengawas karena selisih rencana pekerjaan dengan progres yang didapat terpaut cukup jauh.

“Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak akhirnya Labkesda rampung,” katanya lega.Ia menyebut pembangunan Labkesda berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Labkesda setelah resmi beriperasi difungsikan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Jadi ini bisa kerjasama dengan KBIH dengan melayani tes kesehatan umroh dan haji, sehingga Dinkes target penerimaannya bertambah,” jelas Lani.

Adapun dalam perkembangannya, Labkesda akan melayani tes kesehatan CPNS dan PPPK serta layanan laboratorium medis yang berasal seperti hematologi hingga kimia klinik.

Kemudian layanan laboratorium kesehatan masyarakat seperti kimia air, fisika air, makanan, minuman dan limbah. Lalu ada laboratorium biomol yang mendeteksi HPV DNA, TBC hingga Covid.Terakhir layanan laboratorium mikrobiologi mikroskopis seperti bakteri air hingga sedimen urin. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *