Wisata Air Danau Al Kautsar Pekalongan Tiket Masuk Murah Jadi Pilihan Warga Berlibur Lebaran

Wisata Danau Al Kautsar di Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan jadi salah satu tujuan warga mengisi liburan bersama keluarga di momen lebaran, Sabtu (13/4)

PEKALONGANMEWS.COM, PEKALONGAN – Libur panjang lebaran dimanfaatkan warga Pekalongan dan sekitarnya untuk berwisata bersama keluarga. Salah satu lokasi wisata yang menjadi tujuan adalah Danau Al Kautsar di Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Wisata baru yang mulai beroperasi pada 2020 lalu itu menempati lahan bekas tambang galian c yang dipenuhi beberapa kubangan luas mirip telaga dan disulap menjadi danau buatan dan kolam pemancingan serta kolam renang.

Staf Manajer Wisata Danau Al Kautsar, Dwi Wiranti saat ditemui di lokasi membenarkan bahwa dulunya tempat tersebut memang lahan bekas tambang yang telah mati atau tutup dalam kondisi ditelantarkan.

“Oleh pemilik akhirnya dibangun sebuah wisata air yang diberi nama Danau Al Kautsar,” ujarnya, Sabtu (13/4/2024).

Ia menyebut ada dua danau buatan bekas galian yang cukup luas dimanfaatkan untuk wisata air seperti kolam pemancingan, wahana perahu bebek, sepeda air dan tour keliling danau menggunakan perahu dari drum bekas.

Kemudian ada juga fasilitas dua kolam renang yang dilengkapi dengan perosotan untuk anak-anak dan remaja. Lalu ada lagi air terjun buatan yang sumber airnya berasal dari Sungai Sengkarang.

“Kalau ke sini pas debit airnya tinggi ya melimpah airnya begitu juga sebaliknya. Makanya kami sediakan paket wisata tambahan seperti outbond dan wisata edukasi untuk pelajar seperti cara mananam padi dan sebagaianya dengan harga mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 90 ribu per orang,” jelas Dwi.

Adapun untuk pengunjung datang dari berbagai daerah di sekitar Kabupaten Pekalongan seperti Kota Pekalongan, Pemalang, Batang, Semarang dan Tegal. Terkadang pengunjung dari dari luar Jawa Tengah seperti Jakarta dan Bekasi.

“Kalau libur lebaran seperti ini ya ada juga pemudik yang mampir. Di hari biasa dan akhir pekan jumlah pengunjung hanya ratusan saja, tapi libur lebaran ini tiap hari bisa mencapai 1000 hingga 2000 orang,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu pengunjung lokal, Siti Aminah (32) mengaku sudah empat kali berwisata di Danau Al Kautsar dengan alasan murah karena tiketnya pada hari biasa Rp 10 ribu dan saat lebaran Rp 20 ribu.

“Di sini itu tempatnya luas dan banyak pilihan bermain air atau ciblon sehingga anak-anak betah bermain seharian,” katanya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *