Prabowo Disebut Sukses Bangun Infrastruktur Kesehatan di Indonesia

Pakar kesehatan memuji Prabowo setelah berhasil membangun RSPPN dan 25 rumah sakit TNI, Kamis (22/2).

PEKALONGANNEWS.COM, Jakarta – Pakar Kebijakan Kesehatan Hermawan Saputran menyinggung pujian Presiden Jokowi kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang berhasil membangun Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Jenderal Soedirman yang memiliki peralatan lengkap dan 25 rumah sakit serupa milik TNI. Menurut Hermawan, Menhan Prabowo dinilai sukses membangun infrastruktur kesehatan di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya RSPPN Jenderal Soedirman ini adalah RS Suyoto yang diubah oleh Menhan Prabowo Subianto. Awalnya RS Suyoto jadi tempat rehabilitasi anggota TNI yang mengalami kecacatan saat bertugas. Untuk itu, langkah Menhan tepat menjadikan satu-satunya rumah sakit pertahanan di Indonesia,” katanya saat dikutip, Kamis (22/2/2024).

Ia mengatakan dari segi isu Kementerian Pertahanan melahirkan satu legacy adanya RSPPN. Dengan adanya transformasi Rumah Sakit Suyoto menjadi RSPPN merupakan prestasi besar. Hal tersebut menjadi satu kebijakan yang origininal dan pertama di Indonesia, itu poin pertamanya.

“Kan sebelumnya tidak dianggap sebagai rumah sakit yang memberi ruang pelayanan lebih terbuka untuk kelengkapan comprehensive medicine, tapi lebih kepada rehabilitasi yang diperuntukkan bagi militer dalam mendukung keterampilan orang-orang yang dalam keadaan cacat penugasan,” ujarnya.

Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka itu menyebut kehadiran RSPPN Jenderal Soedirman sangat strategis bagi isu pertahanan Indonesia karena jadi rujukan dari berbagai matra yang ada. Menurutnya, RSPPN Jenderal Soedirman pelengkap dari rumah sakit RSPAD untuk AD, Rumah Sakit Mintohardjo untuk AL, Rumah Sakit AU dan RS Keramat Jati untuk Polri.

“Semua itu harus memiliki semacam top referal dan rasanya RSPPN ini akan melengkapi kemampuan yang selama ini dimiliki RSPAD dengan isu pertahanan, keamanan mantra dan juga daya dukung kuat. Namanya kekuatan pertahanan mendukung gelar pasukan di lingkungan TNI khususnya dan umumnya pertahanan secara keseluruhan yang difasilitasi oleh Kemhan,” jelasnya.

Hermawan Saputra mengakui keinginan besar Menhan Prabowo Subianto agar RSPPN itu dijadikan sebagai tempat pembelajaran bagi mahasiswa kedokteran Universitas Pertahanan (UNHAN), selain itu tempat untuk perawatan sangatlah tepat karena RSPPN bisa menjadi rumah sakit afiliasi.

“Ini sesuatu yang sejalan dengan adanya hospital base medical education dan juga university base medical education. Artinya rumah sakit ini bisa menjadi afiliasi, bahkan menjadi rumah sakit utama untuk pendidikan juga di bidang kesehatan termasuk kedokteran dan terkhusus pembelajarannya berkaitan dengan pertahanan gitu,” urainya.

Ia menjabarkan ada istilah yang disebut health defense dan juga ada health resilients. Artinya pertahanan di bidang kesehatan dan juga ketahanan di bidang kesehatan, lalu hal itu disebut cocok menjadi misi dari RSPPN.

Sebagaimana diketahui, RSPPN Jenderal Soedirman telah diresmikan oleh Jokowi pada Senin 19 Februari 2024 yang lalu. Dalam peresmian RSPPN Jenderal Soedirman itu, Presiden Jokowi didampingi Menhan dan di waktu yang bersamaan, Presiden Jokowi juga meresmikan 25 rumah sakit milik TNI.

“Saya sangat menghargai, mengapresiasi pembangunan RSPPN Panglima Besar Jendral Soedirman dan 25 rumah sakit yang diinisiasi oleh kementerian pertahanan,” ucap Jokowi.

Jokowi menyadari perlunya memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap dan kesiapan sumber daya manusia yang berkuallitas. Menurutnya pandemi COVID-19 yang melanda hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia selama dua tahun lebih sejak 2020 sampai 2021menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah.

“Peristiwa pandemi COVID-19 mengajarkan kepada kita betapa pentingnya fasilitas kesehatan yang lengkap, rumah sakit dengan kesiapan SDM dan fasilitas yang memadai untuk mengatasi kondisi Kedaruratan kesehatan, seperti yang pernah kita alami,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut presiden juga mengutarakan rasa kagumnya melihat beberapa ruang dan peralatan super moderen seperti MRI dengan spek tertinggi tesla tiga, termasuk ada CT Scan, kemudian ruang operasi dan modular terintegrasi yang sangat canggih milik RSPN. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *