Hari Raya Idul Fitri Rutan Pekalongan Tetap Buka Pelayanan Kunjungan

Kepala Rutan Kelas II A Pekalongan, Sastra Irawan tetap memberikan pelayanan kunjungan keluarga warga binaan di Hari Raya Idul Fitri, hal itu diungkapkannya usai kegiatan berbuka bersama petugas, karyawan dan media, Senin (8/4).

PEKALONGANNEWS.COM, KOTA PEKALONGAN – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Pekalongan tetap membuka pelayanan kunjungan warga binaan pada saat lebaran. Sebagai persiapan, sejumlah petugas dan karyawan juga telah melakukan simulasi kegiatan kunjungan pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah membentuk tim untuk pelayanan kunjungan. Seluruh petugas sudah kami bagi dan juga sudah disimulasikan,” ujar Kepala Rutan Pekalongan Sastra Irawan usai kegiatan berbuka bersama di aula Rutan setempat, Senin (8/4/2024).

Selain tetap membuka pelayanan pada saat lebaran, pihak Rutan Pekalongan juga membentuk tim back up pengamanan berkaitan dengan pelaksanaan kunjungan keluarga ke warga binaan di dalam Rutan.

Irawan menjelaskan pada saat libur lebaran tepatnya hari pertama dan kedua Idul Fitri, kunjungan keluarga warga binaan ke Rutan Pekalongan tidak diberlakukan sistem klasifikasi bagi yang berstatus tahanan maupun narapidana.

“Jadi semua kami berlakukan sama, namun demikian karena tahanan itu titipan maka tetap ada SOP (Standart Operational Prosedure) berupa surat izin dari pihak penahan yang tetap kami mintakan,” jelas Irawan.

Adapun untuk kegiatan lain selama lebaran ada beberapa yang akan dilakukan seperti takbiran oleh santri warga binaan dan salat Idul Fitri bersama petugas, karyawan dan warga binaan di lapangan Rutan Pekalongan.

“Kemudian ada juga pemberian remisi bagi warga binaan sebanyak 119 orang. Progresnya masih menunggu terbitnya surat keputusan termasuk nantinya jumlah besaran angka remisi yang diberikan oleh pemerintah,” katanya.

Per 8 April 2024 jumlah warga binaan yang menghuni Rutan Pekalongan sebanyak 349 orang termasuk tahanan perempuan. Sedangkan tahanan anak nihil. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *